RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
Kesehatan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik Pembelajaran : medical devices
Kelas/Semester : X/Genap
Tahun Pelajaran : 2014
Alokasi Waktu :
1 x 45
menit (1X Pertemuan)
A. Standar Kompetensi
-
Mengolah, menalar
dan menyaji dalam ranah konkret dan rana abstrak tedrkait dengan perkembangan
diri yang dipelajari secara mandiri dan mampu menggunakan alat kesehatan sesuai
dengan kaidah keilmuan
-
Memahami makna dan penggunaan peralatan
medis dalam meningkatkan vocabulary
B.
Kompetensi Dasar
-
Menebutkan vocabulary
dalam peralatan medis atau alat-alat kesehatan
C. Indikator
Indikator
|
Karakter Siswa Yang Diharapkan
|
Tingkat keruntutan vocabulary sesuai dengan kaidah
dalam ilmu kesehatan
|
Disiplin, kreatif, mandiri, toleransi, religius, jujur,
kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta
damai, peduli sosial, dan tanggung jawab, demokratis, menghargai prestasi,
bersahabat, gemar membaca, peduli lingkungan.
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif:
-
Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
-
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, energik)
-
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-
Orientasi kemasa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa dapat
-
Memahami peralatan medis atau alat yang digunakan dalam kesehatan
-
Meningkatkan vocabulary dalam peralatan medis atau kesehatan dengan bahasa
inggris
E.
Materi Pembelajaran
medical devices
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Blood Check Tool
|
colonoscopy
|
CT-Scan
|
Endoscopy
|
laparoscopy
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
stethoscope
|
tensimeter
|
thermometer
|
Ultrasonography (USG)
|
X-Ray
|
F.
Metode/model Pembelajaran
-
Metode pembelajaran :
diskusi, observasi, tanya jawab, unjuk kerja
-
Pendekatan pembelajaran :
pendekatan scientific
-
Model pembelajaran :
pembelajaran berbasis penugasan
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Metode
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
PENDAHULUAN
-
Persiapan
1.
Guru memeriksa kebersihan dan kerapihan ruang kelas serta kerapihan
pakaian siswa
2.
Guru dan siswa berdoa dan saling menyalami sebelum memulai pelajaran
3.
Guru memeriksa kelengkapan alat dan bahan belajar yang dimiliki siswa
serta mengecek kehadiran siswa
-
Apersepsi
Guru mengenalkan materi yang akan dipelajari
serta menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
-
Motivasi
Guru memberi motivasi dan informasi tentang
pentingnya mempelajari materi yang akan dipelajari dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
|
- Ceramah
- Ceramah
- Ceramah
|
6 menit
2 menit
2 menit
|
2.
|
INTI
(speaking, vocabulary, pronounciation)
- Guru menulis materi tentang vocabulary yang digunakan
dalam peralatan medis atau kesehatan
- Siswa menyebutkan vocabulary atau nama nama peralatan
yang digunakan dalam medis
- Guru memperlihatkan gambar peralatan medis
- Guru memberikan tugas kepada siswa tentang peralatan
medis
- Guru dan siswa menjawab bersama tugas yang dikerjakan
|
-
Inquiry
-
Unjuk kerja
-
Inquiry
-
Penugasan
-
Unjuk kerja
|
20 menit
20menit
30 menit
|
3.
|
PENUTUP
-
Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah
dipelajari
-
Doa dan salam
|
- Tanya jawab
|
6 menit
2 menit
|
H. Alat dan Media Pembelajaran
1. Alat :
buku tulis, polpen
2. Media :
papan tulis, spidol dan alat kesehatan
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik/jenis :
keaktifan dan tugas kelompok
2. Bentuk instrumen : tes tertulis dan tes lisan
3. Instrumen soal :
a. Soal Lisan
What is the name of medical devices?
Answer:
Stethoscope
Endoscopy
Colonoscopy
Tensimeter
Thermometer
CT-Scan
X-Ray
laparoscopy
Blood Check Tool
Ultrasonography (USG)
Electrocardiographic (ECG)
Tensimeter
Thermometer
CT-Scan
X-Ray
laparoscopy
Blood Check Tool
Ultrasonography (USG)
Electrocardiographic (ECG)
b. Soal Tulisan
Pairs the pictures below!
pictures
|
Names of medical devices
|
1
![]() |
A
TENSIMETER
|
2
![]() |
B
Blood Check Tool
|
3
![]() |
C
STETHOSCOPE
|
4
![]() |
D
ULTRASONOGRAPH (USG)
|
5
![]() |
E
THERMOMETER
|
J.
Sumber
Belajar
1.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK Kesehatan
2.
Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris
3.
Buku paket Bahasa
Inggris
K. Penilaian
Kognitif/Psikomotorik
-
Jenis Tagihan : Tugas individu
-
Bentuk Tagihan : vocabulary dalam peralatan medis (medical devices)
Format
Penilaian Kognitif/Psikomotor
NO
|
NIS/NAMA PESDIK
|
Task
|
JUMLAH
|
KETUNTASAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
YA
|
TDK
|
|||
1
2
3
|
Faridhah rahmi
Nursantiana
Hastuti
|
|
|
|
|
|
|
Format
Penilaian Afektif
NO
|
NIS/NAMA PESDIK
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JUMLAH
|
KETUNTASAN
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
YA
|
TDK
|
|||
1
2
3
|
Faridhah rahmi
Nursantiana
Hastuti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek yang dinilai:
1.
Kerajinan 5.
Ketertiban
2.
Kesopanan 6.
Kerapihan
3.
Kedisiplinan 7.
Kelengkapan Tugas
4.
Kejujuran 8.
Ketepatan waktu
Kriteria
Penilaian
Rentang Nilai
|
Kualitatif
|
Kuantitatif
|
Huruf
|
0 – 16
17 – 32
33 – 48
49 – 64
65 – 80
|
Sangat
Kurang
Kurang
Cukup
Baik
Sangat
Baik
|
1
2
3
4
5
|
E
D
C
B
A
|
Tindak
Lanjut
-
Peserta didik dinyatakan mencapai Standar Ketuntasan Minimal Belajar bila memperoleh
nilai cukup pada nilai afektif.
-
Peserta didik dinyatakan belum tuntas dan perlu pembinaan bila memperoleh
nilai kurang pada nilai afektif.
-
Peserta didik dinyatakan tidak tuntas, dan perlu pembinaan bila memperoleh
nilai sangat kurang pada nilai afektif.
-
Peserta didik diberikan program remedial bila tingkat pencapaian
kognitif/psikomotornya kurang dari 70%.
-
Peserta didik diberikan program pengayaan bila tingkat pencapaian
kognitif/psikomotornya lebih besar atau sama dengan 70%.
Watampone, 28 Januari 2014
Mengetahui
Guru Pembimbing Guru
Mata Pelajaran
Uswatun Hasanah
Lilis Surianti
buat surianti lilis, terimah kasi atas postingannya. brkat postinganta sy mjadi tidak kbingungan lg dalam mnyusun kerangka RPP ESP. Smoga kakak sukses selalu
BalasHapussands casino > Online casino games for your casino
BalasHapusPlay our wide selection septcasino of free casino games at Sands Casino Resort. We offer you a wide variety of 메리트 카지노 고객센터 casino games, including progressive jackpots, 1xbet Roulette
Best Casinos in Denver, CO 2021 - Mapyro
BalasHapusCasino. 3. Casinos 과천 출장마사지 Nearby Casinos in Denver, CO. Best Casinos near by 전주 출장샵 in Denver, CO. Casino. 3. Casinos 경기도 출장안마 Nearby Casinos in Denver, CO. Casino. 3. 서산 출장샵 Casinos Nearby Casinos in 군포 출장안마